Katabolisme heme

Pemberian glukosa dan hematin dapat mencegah pembentukan AmLev sintase sehingga menurunkan sintesis heme. Enzim tersebut terutama terletak dalam retikulum endoplasma halus dan menggunakan UDP-asam glukoronat sebagai donor glukoronil.

Bagian protein globin diuraikan menjadi asam amino-asam amino pembentuknya kemudian digunakan kembali. Gejala klinis yang dapat muncul dapat dikelompokkan dalam dua patogenesa yaitu bila kelainan enzim sintesa heme menyebabkan penumpukan asam amino levulenat dan porfobilinogen di sel atau cairan tubuh akan menghabat kerja ATP ase dan meracuni neuron sehingga menimbulkan gejala-gejala neuron psikiatri sedangkan bila kelainan enzim sintesa heme menyebabkan penumpukan porfirinogen dikulit dan di jaringan lain akan teroksidasi spontan membentuk porfirin yang apabila terpapar dengan cahaya, porfirin akan bereaksi dengan O2 molekuler membentuk suatu radikal bebas yang sangat reaktif dan merusak jaringan atau kulit dimana porfirin terdeposisi, peristiwa ini memunculkan gejala-gejala fotosensitivitas.

Bilirubin yang sampai dihati akan dilepas dari albumin dan diambil pada permukaan sinusoid hepatosit oleh suatu protein pembawa yaitu ligandin. Selanjutnya, dengan penambahan oksigen lagi ion feri dibebaskan serta terbentuk karbon monoksida dan biliverdin IXa yang berwarna hijau. Biliverdin IX-a akan direduksi jadi bilirubin.

Ikatan rangkap ini tidak ada pada porfirinogen sehingga tidak menunjukkan sifat-sifat tersebut. Dalam ml plasma hanya lebih kurang 25 mg bilirubin yang dapat diikat kuat pada albumin.

METABOLISME BILIRUBIN

Katabolisme heme Katablisme Heme Menghasilkan Bilirubin Dalam keadaan normal, umur eritrosit sekitar hari. Terbentuknya benang-benang fibrin akan menyebabkan luka tertutup sehingga darah tidak mengalir keluar lagi.

Biosintesis heme dimulai di mitokondria melalui reaksi kondensasi antara suksinil-KoA yang berasal dari siklus asam sitrat dan asam amino glisin. Fibrinogen adalah sejenis protein yang larut dalam darah. Pigmen tsb selanjutnya direduksi oleh flora feses menjadi tetrapirol tak berwarna urobilinogen.

Hal ini menyebabkan represi terhadap AmLev sintase menurun. Dalam 1 hari lebih kurang 6 gram hemoglobin untuk berat badan 70 kg dihancurkan. Hidroksi metil bilana selanjutnya mengalami siklisasi spontan membentuk uroporfirinogen I yang simetris atau diubah menjadi uroporfirinogen III yang asimetris dan membutuhkan enzim tambahan yaitu uroporfirinogen III kosintase Pada kondisi normal hampir selalu terbentuk uroporfirinogen III.

Metabolisme Bilirubin di Hati 1. Proses ini dikatalisis oleh enzim diglukoronil transferase dan menghasilkan bilirubin diglukoronida.

Bilirubin Adalah – Apa Itu Bilirubin

Warna feses berubah menjadi lebih gelap bila terpajan oleh udara, karena oksidasi sisa urobilinogen menjadi urobilin. Terdapat peningkatan ekskresi hampir seluruh zat-zat antara sintesa heme. Bagian protein globin diuraikan menjadi asam amino-asam amino pembentuknya kemudian digunakan kembali.

Reaksi konjugasi ini berlangsung dua tahap, memerlukan UDP asam glukoronat sebagai donor glukoronat. Pembentukan bilirubin yang terjadi di sistem retikuloendotelial, selanjutnya dilepaskan ke sirkulasi yang akan berikatan dengan albumin.

Porfiria dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu: Sehingga, dalam keadaan patologis pun transport tersebut tidak dipengaruhi.

Hemeglobin merupakan bagian dari eritrosit sel darah merah yang bertugas mengikat oksigen dan membawanya dari paru paru ke organ-organ tubuh lainnya. Nah itu dia garis besar informasi mengenai bilirubin.

Di alam, metaloporfirin terkonjugasi dengan protein membentuk senyawa-senyawa penting dalam proses biologi, antara lain: Sebagai contoh misalnya heme yang merupakan porfirin besi dan klorofil, merupakan porfirin magnesium.

Bilirubin adalah senyawa yang lebih dikenal sebagai penyebab dari terjadinya ikterus pada bayi yang baru lahir. Terapi phenobarbital dapat menginduksi proses konjugasi dan ekskresi bilirubin dan menjadi preparat yang menolong pada kasus ikterik neonatus tapi tidak pada sindroma Crigler najjar.Eritrosit → Hemoglobin → Heme + Globin (protein, digunakan lagi oleh tubuh) Heme → Forfirin + Besi (digunakan lagi) METABOLISME HEME.

Metabolisme Heme dilaksanakan di sel retikuloendotel pada hati, limpa & sumsum tulang ; Katabolisme heme dilaksanakan oleh enzim komplek yang disebut Oksigenase heme; Heme → Forfirin → biliverdin Author: Dr.

Suparyanto, laurallongley.com 14 Katabolisme Heme Heme diuraikan dalam mikrosom sel retikuloendotel oleh sistem heme oksigenase.

Metabolisme Porfirin New

Sistem ini terletak sangat dekat dengan sistem transpor elektron. Oksigen ditambahkan pada jembatan a-metenil antara pirol I dan II. Produk yg terbentuk adalah biliverdin IX-a. Biliverdin IX-a akan direduksi jadi bilirubin. Biosintesis heme dapat terjadi pada sebagian besar jaringan kecuali eritrosit dewasa yang tidak mempunyai mitokondria.

Sekitar 85% sintesis heme terjadi pada sel-sel prekursor eritoid di sumsum tulang dan sebagian besar sisanya di sel hepar. Biosintesis heme dapat dibagi menjadi 2 tahap, yaitu: (1) Sintesis porfirin; (2) Sintesis heme.

Bilirubin disebabkan oleh katabolisme protein heme, yang mana 75% berasal dari penghancuran eritrosit dan 25% bermula dari penghancuran eritrosit yang imatur serta protein heme lainnya seperti hal nya mioglobin, sitokrom, katalase dan peroksidase. Macam-macam Jenis. Katabolisme heme (porfirin).

Degradasi hemoglobin (kira-kira 6 gram perhari untuk 70 kg orang) dimulai dengan pemecahan eritrosit setelah berumur hari. Eritrosit diambil dari peredaran darah oleh retikuloendotelial sel dari hepar, sumsum tulang dan limpa.

Hemoglobin bebas yang. Katabolisme heme Dalam keadaan fisiologis, masa hidup erytrosit manusia sekitar hari, eritrosit mengalami lisis × setiap jamnya pada seorang dewasa dengan berat badan 70 kg, dimana diperhitungkan hemoglobin yang turut lisis sekitar 6 gr per hari. Sel-sel eritrosit tua dikeluarkan dari sirkulasi dan dihancurkan oleh limpa.

Apoprotein dari hemoglobin dihidrolisis menjadi komponen .

Katabolisme heme
Rated 4/5 based on 93 review