Ppt pengaturan berat badan atlet pdf

Dalam tulisan ini akan mengkaji dan membahas tentang penelitian yang dilakukan di Pemusatan latihan nasional pelatnas Dayung di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat oleh penulis sekaligus sebagai peneliti dengan pembimbing Dr.

Namun pada pemberian makanan, tetap perlu diperhatikan fungsi masing-masing bahan makanan bagi jenis olahraga atlet, apakah jenis olahraganya endurance atau latihan beban dan apakah untuk aktivitas fisik yang berat atau lama dan berkepanjangan.

Mengurangi penggunaan gula yang berlebihan.

Gizi dan olahraga,.pdf

Suka Memuat Atlet yang tinggal di perkampungan atlet atau asrama sekolah dimana atlet dapat mengambil semua makanan yang disediakan di kafetaria. Gunakan cara penurunan lemak secara bertahap sebelum pertandingan berlangsung.

Peningkatan prestasi atlet tergantung dari banyak faktor, salah satu faktor yang penting untuk mewujudkannya adalah melalui pemenuhan zat gizi yang seimbang sesuai kebutuhan para atlet.

Tradisi kedua adalah keinginan untuk menurunkan kelebihan BB secara cepat yaitu 3 — 6 kg dalam beberapa hari. Atlet ini umumnya ingin menurunkan lemak tubuh untuk memperbaiki penampilan dan kesehatan, dan tidak secara langsung, mempengaruhi penampilan olahraga.

Pada beberapa kasus, lebih baik terjadi penurunan lemak tubuh pada atlet tetapi BB naik dengan meningkatnya massa otot. Tata gizi yang direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan hendaknya tetap volume CHO yang besar, maka makanan hendaknya ditata dalam sajian yang lebih kecil dan sering, termasuk snacks yang juga harus bernilai nutrisi.

Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang

Bahan bakar karbohidrat dan lemak yang cukup sebagai sumber tenaga Protein yang cukup untuk membangun, mempertahankan dan memperbaiki semua jaringan tubuh Zat pengatur vitamin dan mineral yang yang cukup yang yang membantu proses metabolisme Air Seorang atlet setiap hari harus memperhatikan kondisi fisiknya agar dapat tampil secara prima dalam setiap pertandingan.

Menurut menurut Kinderman dan Urhausen dalam Winaktu Gracia terjadinya peningkatan kadar ureum dalam darah kemungkinan disebabkan oleh pemberian protein yang berlebihan, beban latihan yang berat, adanya dehidrasi dan berkurangnya simpanan karbohidrat dalam otot, sedangkan peningkatan CK berlebihan dapat menunjukan adanya pemakaian sekelompok otot tertentu yang berlebihan.

Energy requirement for athlete is calculated from individual requirements based on basal metabolic rate" thermic effect of food TEFphysical activity and grawth. Kebutuhan akan zat-zat gizi yang disebutkan tadi bagi atlet adalah sebagai berikut. Namun atlet wanita sering menginginkan kadar lemak tubuh yang tidak wajar.

Hal ini berhubungan dengan lamanya metabolisme zat gizi makro, yaitu karbohidrat dan protein. Sebagai manifestasi dari ketidakseimbangan nutrisi ini dapat berdampak pada keadaan berat badan atlet yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berbagai jenis olahraga yang telah membawa harum nama Indonesia baik di tingkat nasional, regional maupun tingkat internasional diantaranya olahraga badminton, dayung, angkat berat, dll. Namun persamaan tersebut juga masih meragukan apakah benar-benar dapat mengukur hubungan antara lemak skinfold dengan total lemak tubuh.

Bagaimana dengan lemak, lemak mengalami masa metabolisme yang lebih panjang dari KH dan protein yaitu 9 jam. Semeru 63, BOllor Sihadi, M. Karena dengan makanan yang memilki kadar lemak yang tinggi maka program penuruan berat badan tidak akan berhasil.

Sementara tes ketiga minggu 6 perlakuan dan tes keempat minggu 8 perlakuan terjadi peningkatan bermakna jarak tempuh.

GIZI ATLET.ppt

Oleh karena itu sangatlah diperlukan pengaturan berat badan sedini mungkin dan latihan yang relevan sesuai dengan kelasnya masing-masing agar tidak terjadi penggunaan protein tubuh yang sangat diperlukan untuk penggantian sel-sel yang rusak terutama untuk sel-sel otot.

Mereka menginginkan kadar lemak tubuh yang lebih rendah dari biasanya.Download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd. Flag for inappropriate content.

save. membahas tentang kebutuhan gizi, pengaturan makan dan penyusunan menu atlet sepakbola yang dapat digunakan sebagai panduan bagi atlet, pengelola makanan atlet sepakbola, tenaga gizi berat badan 60 kg., tinggi badan cm. Untuk menjaga staminanya ia berlatih berlari dengan kecepatan 5,5 menit per km, selama satu jam, tiga kali perminggu.

Mary seorang mahasiswi berumur 20 tahun mempunyai tinggi badan cm dan berat badan 60 laurallongley.com seorang atlet bolabasket dalam tim nasional. Dia berlatih berupa lari 3 hari seminggu dengan kecepatan 5 menit per km selama satu laurallongley.com itu, Mary berlatih bolabasket 2 kali seminggu selama 30 menit.

Aktifitas sehari-hari berupa aktifitas ringan sedang. Tujuan pengaturan makanan pada tahap ini mencakup upa ya: 1. Meningkatkan status gizi antara lain: menambah berat badan, meningkatkan kadar Hb. 2. Menurunkan berat badan terutama atlet cabang olahraga yang memerlukan klasifikasi berat badan.

Makanan untuk meningkatkan status gizi 1. Kebutuhan energi dan zat gizi ditentukan menurut umur, berat. mendapatkan Berat Badan atau komposisi tubuh yang sesuai. Pengaturan Berat Badan hendaknya difokuskan kepada lkomposisi tubuh, buykan kepada Berat Badan, oleh karena untuk Atlet-atlet perorangan tidak ada standar untuk Berat Badan maupun lemak tubuhnya.

Karakteristik fisik Atlet-atlet yang sukses bervariasi luas antar cabang maupun dalam cabang. laurallongley.comuran berat badan sangat dibutuhkan oleh setiap atlet untuk mempertahankan serta meningkatkan status gizi dan status kesehatan sehingga dapat menunjang prestasi atlet.

laurallongley.com penelitian no. 2 dengan tinggi badan ,5 cm dan berat badan sesudah perlakuan 71,5 kg (IMT 19,7) memberikan kemampuan fisik yang jauh berbeda dengan subyek yang.

Ppt pengaturan berat badan atlet pdf
Rated 3/5 based on 76 review